Menjadi seorang wiraswasta itu dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk PNS atau pegawai negeri sipil. Banyak sekali jenis usaha sampingan untuk PNS yang bisa menjadi ladang bisnis sebagai sumber penghasilan tambahan. Meski bukan pekerjaan utama, tapi usaha sampingan untuk PNS mendatangkan laba yang jumlahnya lebih besar dari gaji pokok. 

Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk PNS

1. Bisnis rental
Salah satu contoh usaha sampingan untuk PNS yang hasil labanya cukup besar adalah bisnis rental, baik motor atau mobil. Pengelolaannya dapat dibantu oleh istri atau anggota keluarga lainnya.
Modal untuk membuka usaha sampingan untuk PNS ini memang tergolong besar, tapi sangat prospektif sekali terutama pada hari libur. Jika tidak mempunyai anggota keluarga yang dapat membantu mengelola usaha sampingan untuk PNS tersebut, bisa kerjasama dengan pengelola rental mobil lainnya.
2. Usaha bimbingan belajar
Ladang usaha sampingan untuk PNS berikutnya adalah bisnis bimbingan belajar atau bimbel. Usaha ini sangat cocok dijalankan PNS yang berstatus sebagai guru. Namun PNS yang bukan guru tetap punya kesempatan dan peluang sama dengan sistem kemitraan bersama pihak lain.
Asal mempunyai tempat untuk mengadakan proses belajar mengajar, maka usaha sampingan untuk PNS ini bisa berjalan. Waktu bimbingan biasanya berlangsung pada sore hari, sehingga tidak akan mengganggu tugas utama PNS.
3. Usaha ternak
Peternakan merupakan usaha sampingan untuk PNS terutama yang tinggal atau mendapatkan tugas di daerah pedesaan. Jenis ternak yang dapat dikembangkan jadi usaha bisnis sampingan antara lain ternak burung, sapi, kambing, ayam dan sebagainya.
Bagi mereka yang tinggal di daerah kota, juga ada peluang usaha sampingan untuk PNS yang berkaitan dengan dunia ternak. Misalnya ternak jangkrik, kroto, ulat dan lainnya. Bisnis ini tidak membutuhkan tempat luas serta tidak akan menimbulkan gangguan lingkungan.
4. Bisnis sembako
Bisnis sembako merupakan jenis usaha sampingan untuk PNS yang prospeknya sangat bagus dan menjanjikan. Namun jika ingin membuka bisnis ini harus memiliki pegawai tetap karena sebagian besar tugasnya harus dijalankan pada siang hari.
Untuk mengatasi masalah tersebut, bisa mengajak istri atau suami dan anak-anak agar dapat membantu mengelola usaha itu. Apabila dijalankan secara profesional tentu usaha sampingan untuk PNS ini bisa berjalan lancar dan berkembang pesat. Selamat berwiraswasta.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top